Tuesday, December 13, 2005

Bruce Almighty


Bruce Nolan (Jim Carrey), adalah seorang reporter berita di Buffalo, NY. Profesinya sebagai reporter berita pas-pasan membuatnya tidak puas, apalagi ia dikalahkan oleh rekan sekaligus rivalnya dalam hal ketenaran. Itu karena Bruce adalah reporter berita yang selalu saja dianggap tidak penting, dan tidak berkelas. Akhirnya ia tidak puas dengan apa yang dicapainya, ia terus merasa kalah, dan buntut-buntutnya ia menyalahkan Tuhan yang dianggap selalu tidak mendukungnya.
Akhirnya, Tuhan turun dalam wujud seorang manusia untuk memberikan kekuatannya kepada Bruce. Bruce akhirnya memiliki kekuatan Tuhan. Tentu saja dengan kekuatan yang dimilikinya ia bisa melakukan apa saja. Ia menggunakan kekuatannya semaunya. Ia menarik bulan untuk diperlihatkan kepada Grace (Jennifer Aniston), orang yang sangat dicintainya. Ia juga menjadikan dirinya tenar dengan membuat berita-berita fantastis dengan kekuatan yang dimilikinya. Sehingga ia dijuluki si Mr. Exclussive! Ia juga menjatuhkan rivalnya dengan cara mengganggu setiap berita yg dibawakannya.
Bruce telah lupa tujuan diberikannya kekuatan itu. Ia lupa bahwa kekuatan yang dimilikinya harus digunakan untuk kepentingan manusia. Doa-doa manusia berdatangan kepadanya, dan ia merasa kebingungan menjawabnya.
Lama kelamaan, Grace mulai menjauh darinya. Ia pun masih dipusingkan dengan doa-doa manusia. Akhirnya dengan berbagai peristiwa yang tidak bisa ia hadapi, ia menyerah. Dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan.
Ia gagal dalam tugasnya sebagai Tuhan. Ia tidak mampu membantu manusia, bahkan ia merasa tidak mampu membantu dirinya, bahkan dengan kekuatan Tuhan tersebut.
Lalu ia perlahan memahami makna semua ini. Ia harus lebih tulus. Ia harus lebih bersyukur, dan ia harus yakin dengan apa pun yg telah dicapainya, sekecil apa pun itu, akan dapat membawa kebahagiaan bagi dirinya.
"Kau harus lebih banyak bersyukur. Bahkan orang yang paling berbahagia di dunia terkadang adalah mereka yang pulang dengan badan lusuh dan bau keringat," kata Tuhan padanya.

Salah satu film kesukaanku. Ceritanya yang segar, lucu, menghadirkan tawa. Tapi lebih dari itu, banyak makna yang bisa dipetik.

(Bruce Almighty, directed by Tom Shadiyac -2003-)

No comments: