Friday, September 12, 2014

Mencegah Terjadinya Keriput pada Punggung Tangan

Proses penuaan yang biasanya ditandai dengan keriput pada kulit selalu menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar wanita. Wanita akan tampak lebih tua dari umurnya dan menurunkan rasa percaya diri, terutama jika muncul di wajah. Keriput tidak hanya terjadi di wajah saja tapi juga di tangan. Keriput pada tangan dapat disebabkan oleh factor usia, kedinginan, alergi, dan paparan sinar UV. Menurut sebuah penelitian di Inggris, kini banyak wanita yang merasa lebih takut keriput muncul di tangan daripada di wajah mereka. Kekhawatiran ini bisa juga diakibatkan karena perawatan untuk mencegah keriput pada punggung tangan tidak sebanyak cara pada perawatan pencegahan keriput pada wajah. Berikut cara mengatasi keriput pada punggung tangan.

Pengelupasan Kulit

Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit pada telapak tangan minimal dua minggu sekali. Tujuannya untuk membuang sel kulit mati dan meregenerasi pertumbuhan sel kulit baru yang lebih segar dan sehat. Kita juga bisa menggunakan scrub bahan alami, yaitu campuran satu sendok teh gula dan minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada telapak tangan, lalu gosoklah dan pijat dengan lembut. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih

Krim atau Lotion

Gunakan krim tangan atau lotion setiap dua jam sekali untuk mencegah keriput pada punggung tangan. Bahaya sinar ultraviolet akibat paparan sinar matahari dapat merusak kolagen. Kolagen berfungsi membuat kulit menjadi kenyal. Jika kolagen rusak, kulit akan mudah menipis dan mengeriput. Kerusakan kolagen dapat dicegah dengan mengoleskan krim atau lotion yang mengandung minimal SPF-15 secara teratur.

Gunakan Produk Perawatan Wajah untuk Tangan

Siasati produk perawatan wajah untuk merawat tangan untuk mencegah keriput. Misalnya, menggunakan night cream, serum antioksidan atau krim antiaging tidak hanya pada wajah tapi juga tangan untuk menutrisi dan meregenerasi sel kulit baru di malam hari. Selain itu, tidak ada salahnya menggunakan masker wajah pada tangan.

Perhatikan baik-baik saat menggunakan sabun cuci atau deterjen.

Jangan pernah melupakan penggunaan sarung tangan karet saat Anda mencuci pakaian dengan deterjen. Begitu juga halnya saat mengepel lantai yang menggunaakan cairan khusus pembersih, atau saat menyikat lantai kamar mandi dengan cairan khusus pula. Oleskan minyak zaitun atau krim ke tangan sebelum menggunakan sarung tangan karet ini.

Gunakan Krim Malam secara teratur.

Di malam hari, jaringan kulit kita mengalami perbaikan, karena itu rutinlah menggunakan krim malam untuk memenuhi nutrisi kulit menjelang tidur.

Gunakan pelembab extra.

Pelembab extra diperlukan untuk mencegah kulit semakin mongering. Pilihlah produk pelembab yang mengandung liposom atau zat anti kulit kering, kolagen dan asam hilunorat.

Gunakan Anti Kerut.

Kandungan AHA (Alpha Hydroxi Acid ) dan BHA (Beta Hydroxi Acid ) pada produk-produk anti kerut sangat berkhasiat mengurani kerutan pada kulit punggung tangan . Untuk memperoleh peremajaan kulit yang maksimal, oleskan ke punggung tangan tiap malam menjelang tidur.

No comments: