Wednesday, October 10, 2007

MENANGKAP SENYUM CERIA DARI DALAM NURUL FATIMAH

Update, 26 November 2007
Kemarin, 25 November 2007, saat kegiatan Talkshow Tentang Blog, Blog : the Voice of Freedom yang diselenggarakan dalam rangka Ulang Tahun Pertama Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri, tulisan ini mendapatkan penghargaan : Posting Terbaik Ramadhan 1428 H Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri



(senangnya)
---------------------------------------------------


Rabu siang, 26 September 2007, tepat setelah jam kuliah berakhir, saya berencana mencari sebuah panti asuhan yang dapat dijadikan lokasi untuk kegiatan Anjangsana Blogger Makassar yang diadakan Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org. Saya memutuskan untuk mencarinya di seputaran Antang. Selain karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagus tentang lokasi dan jalan-jalan yang ada di kota Makassar, Antang adalah salah satu daerah yang terdekat dengan kampus yang potensinya cukup besar untuk saya jelajahi.

Saya pun harus bertahan di atas motor, di bawah terik matahari menembus padat dan macetnya lalu lintas di depat M’Tos, pusat perbelanjaan yang pada hari itu baru saja dibuka secara perdana di wilayah Tallo - Tamalanrea.

Hingga setelah sekitar 45 menit, akhirnya saya berhasil melalui macet tersebut. Padahal jika dalam kondisi normal, saya hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit untuk menempuh perjalanan dari kampus Unhas ke wilayah Tallo.

Saya kemudian terus melaju hingga sampai di seputaran Antang. Saya mulai memperlambat laju motorku, sambil terus memperhatikan setiap papan nama di kiri dan kanan jalan, berharap saya dapat menemukan tulisan “Panti Asuhan” tertera di sana. Tapi hingga saya sampai di tempat pembuangan akhir (masih di wilayah Antang), saya belum juga berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan panti asuhan di sana.

Saya membelokkan motorku ke kiri, menyusuri jalan yang belum pernah saya kenal. Lambat sekali saya menyusuri jalan itu. Rasanya jauh dan semakin jauh saja, tetapi tidak juga saya menemukan satu pun panti asuhan di sepanjang jalan itu. Sejenak saya berfikir bahwa mungkin saya kurang teliti, sehingga bisa saja sudah 2 atau 3 panti asuhan terlewati. Namun saya teruskan saja berkendara.

Hingga saya menemukan sebuah kantor polisi. Di papan nama kantor polisi tersebut, saya membaca tulisan yang menunjukkan bahwa daerah itu sudah termasuk wilayah Kabupaten Gowa. Astaga, saya sudah berada di Kabupaten Gowa, pikirku. Belum pernah saya sejauh ini berkendara. Apalagi melalui jalan yang belum pernah saya lewati sebelumnya. Saya tersesat.

Meski sudah berfikir tersesat, saya tidak berhenti begitu saja kemudian berbalik, dan pulang. Saya terus saja berjalan, hingga secara sepintas saya membaca tulisan “Nurul Fatimah” tertera di sisi kanan jalan. Seketika itu juga, saya memberhentikan motor saya, kemudian setengah berharap, mencoba memastikan bahwa itu adalah sebuah panti asuhan. Dan benar saja, itu adalah sebuah panti asuhan.

Bangunan panti tersebut terlihat sangat mengenaskan. Hanya berupa rumah yang sangat sederhana. Beberapa dindingnya hanya berasal dari ‘tambal sulam’ tripleks dan papan-papan sisa, tanpa ditutupi lapisan cat. Jemuran yang sedang penuh dengan pakaian anak-anak berjejer tidak teratur di samping panti. Suasanya terlihat sangat lenggang.

Segera saya mencoba mengalihkan perhatian dari rumah yang jadi panti asuhan tersebut. Saya mengeluarkan kertas serta sebuah pena dari dari dalam tas dan mulai mencatat setiap detil tulisan yang ada di papan namanya, lengkap dengan nomor telepon pengurusnya.

Hari semakin sore. Saya pun mengurungkan niat untuk mencari tahu lebih jauh mengenai panti asuhan itu. Saya harus bergegas pulang.

Hari berikutnya, diputuskan bahwa panti asuhan Nurul Fatimah yang saya ‘temukan’ itu dijadikan sasaran untuk anjangsana blogger Makassar, tanggal 29 September 2007.

Dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya, sore tanggal 29 September 2007, Anjangsana dilaksanakan. Sejumlah anggota komunitas blogger Makassar sudah berkumpul. Dan dana juga sudah terkumpul sejak beberapa hari sebelumnya. Dana tersebut kemudian digunakan untuk membeli sembako dan keperluan lainnya untuk disumbangkan ke Panti Asuhan Nurul Fatimah.

Selesai berbelanja, perjalanan menuju panti asuhan Nurul Fatimah dimulai. Perjalanan itu sendiri ditempuh dengan 3 buah mobil dan 1 sepeda motor selama sekitar 40 menit.

Sudah hampir magrib ketika rombongan sampai di panti asuhan yang dimaksud. Beberapa anggota rombongan tercengang menyaksikan kondisi panti asuhan yang sangat memprihatinkan. Namun seketika saja perasaan itu lumer ketika anak-anak penghuni panti menyambut dengan keceriaannya masing-masing. Mereka mengenakan pakaian muslim, lengkap dengan kopiah bagi yang laki-laki, dan jilbab bagi anak-anak perempuan. Tampaknya mereka sudah bersiap-siap menyambut waktu berbuka puasa.

Pak Ilyas, laki-laki setengah baya pengurus panti asuhan itu menyambut saya dan rombongan, kemudian mempersilakan kami masuk. Senyum tidak pernah lepas dari wajahnya. Sambutan yang terasa begitu hangat bagi kami.

Barang-barang dimasukkan, kemudian semua rombongan masuk ke dalam rumah, duduk di lantai, berbaur bersama semua anak-anak dan para pengurus panti asuhan. Rumah itu memang terlalu kecil untuk menampung 53 orang anak asuh, ditambah dengan 5 orang pengurus panti. Sungguh kondisi yang sangat memprihatinkan.

Kata-kata sambutan yang dibawakan oleh Tisa, seorang anggota Blogger Makassar terasa semakin mendekatkan para penghuni panti dengan rombongan Blogger Makassar. Beberapa kali Tisa mengajak anak-anak meniru gerakan ‘salam blogger’. Beberapa anak-anak langsung bisa menirunya. Namun beberapa yang lain tidak dapat melakukannya. Gelak tawa mereka pun riuh memenuhi seisi rumah mungil itu.

Pada kesempatan yang lain, anak-anak diminta untuk memperkenalkan dirinya masing-masing kepada kami. Beberapa di antaranya dengan tanpa malu-malu menyebutkan namanya. Beberapa yang lainnya malah dengan bangga mengatakan bahwa ia adalah peringkat satu di kelasnya. Ceria tidak pernah lepas dari wajah-wajah mereka.

Pak Ilyas dan istrinya menjelaskan sedikit tentang keadaan panti asuhan kepada kami. Ia menceritakan bagaimana panti itu dapat bertahan dengan beberapa kali perubahan politik di negeri ini. Ia juga menceritakan bagaimana Nurul Fatimah dapat terus menghidupi puluhan anak hanya dengan bantuan dari para tetangga dan donatur yang belum tentu ada setiap hari. Juga cerita keluh kesahnya tentang bagaimana anak-anak panti tidak dapat bersekolah di SD unggulan yang lokasinya berada dekat dengan panti hanya karena tidak memiliki ijasah TK, sementara mereka lebih memilih untuk mendahulukan kebutuhan perut anak-anak dari pada memenuhi kebutuhan untuk masuk di sekolah TK yang sebenarnya tidak begitu penting.

Di pangkuan ibu Ilyas, seorang balita yang mengenakan jilbab, duduk tenang tak pernah bersuara. Seorang teman bertanya tentang anak itu, kemudian ibu Ilyas bercerita sedikit tentang gadis kecil itu. Anak itu berasal dari daerah Kajang. Kini berusia setahun lebih, dan sudah diasuh sejak 7 bulan yang lalu. tuanya cerai, dan bapaknya meninggal karena mengalami kecelakaan kerja. Jatuh dari atas bangunan tempat ia menjadi kuli. Sudah beberapa panti asuhan menolak untuk merawat anak itu dengan alasan masih terlalu kecil, serta alasan-alasan lainnya.

Anak itu begitu lucu dengan pipinya yang besar. Sungguh sedih membayangkan anak seusianya sudah harus tinggal di sebuah panti asuhan dengan kondisi yang sangat seadanya, dan hidup dari belas kasihan orang lain.


Hampir magrib, kami pun segera menghakhiri kunjungan kami. Di akhir pertemuan kami dengan penghuni Nurul Fatimah, anak-anak panti tidak lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang kami berikan. Mereka mengucap syukur Alhamdulillah beberapa kali , dan menyalami kami satu per satu.

Rombongan meninggalkan rumah sederhana itu, meninggalkan sisa-sisa senyum yang akan terus berbekas. Menyisakan harapan-harapan tentang kekuatan dan kesabaran dari anak-anak itu. Beberapa anak-anak tidak pernah berhenti menyunggingkan senyum dan terus memperhatikan kami menjauh. Semakin jauh, semakin sadar bahwa kami akan merindukan saat-saat seperti ini. Semakin sadar bahwa kita harus bersyukur karena diberikan kehidupan yang lebih layak. Lalu mengapa kita tidak bisa seceria mereka?

---------------
credits :
models : me, angingmammiri.org, nurul fatimah's
pictures by : daeng ipul

75 comments:

Unknown said...

mumpung saya masih online, saya mengucapkan selamat idul fitri 1428 H, salam kenal

noel
http://noelcatatanseorangjomblo.blogspot.com

Anonymous said...

h4cPnW The best blog you have!

Anonymous said...

5FrsK5 Hello all!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Good job!

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

85A5si write more, thanks.

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Good job!

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

When there's a will, I want to be in it.

Anonymous said...

All generalizations are false, including this one.

Anonymous said...

Calvin, we will not have an anatomically correct snowman!

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Change is inevitable, except from a vending machine.

Anonymous said...

Build a watch in 179 easy steps - by C. Forsberg.

Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Change is inevitable, except from a vending machine.

Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

A flashlight is a case for holding dead batteries.

Anonymous said...

Build a watch in 179 easy steps - by C. Forsberg.

Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

Anonymous said...

Ever notice how fast Windows runs? Neither did I.

Anonymous said...

All generalizations are false, including this one.

Anonymous said...

Friends help you move. Real friends help you move bodies.

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Energizer Bunny Arrested! Charged with battery.

Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

Anonymous said...

All generalizations are false, including this one.

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Change is inevitable, except from a vending machine.

Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

Anonymous said...

640K ought to be enough for anybody. - Bill Gates 81

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Calvin, we will not have an anatomically correct snowman!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

Anonymous said...

Ever notice how fast Windows runs? Neither did I.

Anonymous said...

Save the whales, collect the whole set

Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

Anonymous said...

Clap on! , Clap off! clap@#&$NO CARRIER

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

Anonymous said...

The gene pool could use a little chlorine.

Anonymous said...

Clap on! , Clap off! clap@#&$NO CARRIER

Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

Anonymous said...

The gene pool could use a little chlorine.

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

Change is inevitable, except from a vending machine.

Anonymous said...

Save the whales, collect the whole set

Mariska Nara said...

Hi...salam kenal, cerita yang menarik...semoga terus berkarya !

riska
www.belajar-internet.com